0857 1718 5316
0857 1718 5316
0857 1718 5316
543FD733

Tips Memilih Mardu Murni dan Asli

Tuesday, February 11th 2014. | Artikel Kesehatan

Kita ketahui bahwa tidaklah mudah dalam memilih atau membeli sebotol madu yang dijual di pasaran, karena begitu banyak jenis madu yang beredar dan rata-rata mereka para penjual mengaku bahwa madu yang mereka jual adalah madu asli, berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips dalam memilih madu murni dan asli.

Secara umum diketahui bahwa madu yang beredar di Indonesia umumnya dihasilkan dari tiga jenis lebah; apis dorsata (lebah hutan), apis mellifera (lebah unggul) dan apis cerana (lebah lokal) . Dari segi kualitas, madu hutan (madu organik) berwarna hitam pekat lebih baik daripada madu yang di budidaya, tidak semua madu memiliki rasa manis madu hitam memiliki rasa pahit namun sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia

Sayangnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa konsumsi madu budidaya berwarna coklat cerah. Akibatnya, madu hutan dianggap sebagai madu palsu. Banyak orang penasaran untuk membedakan madu asli yang dihasilkan lebah pencari makan di alam bebas dari madu palsu (sirup gTips Memilih Madu Asli dan Murniula, misalnya).

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menentukan keaslian madu secara ilmiah. Misalnya, dengan analisis karbon, analisis mikroskopis, analisis hydroxymethylfurfural, dari polaritas cahaya dan terakhir tes keasaman. Dari lima cara, empat yang pertama harus menggunakan alat cukup mahal dan keahlian khusus. Jadi, tidak semua orang bisa melakukannya. Sementara uji keasaman, biaya tes yang relatif mudah dan murah. Tapi, masih memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang madu. Jika tidak, masih akan sulit untuk membedakan mana madu asli, campuran madu, dan madu buatan.

Inilah beberapa tips dalam memilih Madu Yang Masih Asli dan Murni :

1. Tidak ada endapan (buih) pada botol

Perhatikan bagian dasar botol penyimpanan, madu asli tidak memiliki endapan atau buih yang berwarna putih pada bagian dasar botol penyimpanan madu. Jika ada buih pada botol madu maka madu tersebut sudah terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan telah mengalami proses fermentasi.

2. Tidak tembus kertas

Ciri khas madu asli adalah kental dan memiliki kandungan air sedikit.    Teteskan sedikit di atas kertas tipis, jika madu tersebut masih murni maka tidak akan menembus kertas.

3. Jika dipanasi menggelembung

Madu yang asli akan menghasilkan gelembung-gelembung udara jika dipanasi. Berbeda dengan gula   yang akan menghasilkan buih seperti air mendidih

4.Tidak beku bila disimpan dalam freezer kulkas

Simpan beberapa sendok madu di dalam freezer kulkas.Simpanlah sekitar `10-30 menit kemudian amati perubahannya. Apabila madu tadi membeku berarti madu tersebut palsu dan telah bercampur dengan zat-zat tertentu. Madu asli seyogyanya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es maka kita dapat meminumnya kapan saja.

5. Berbentuk sarang lebah

Tuangkan madu ke dalam piring berwarna bening kemudian tambahkan air secukupnya. Goyangkan piring tersebut sampai madu dan air tercampur, jika madu tersebut masih asli maka akan terbentuk sarang lebah

6. Tidak menyebabkan keruh bila dicampur dengan air putih

Menyimpan beberapa tetes madu di dalam piring berisi air putih. Kemudian tunggu beberapa saat. Kalau air tersebut menjadi keruh maka kemungkinan madu tersebut palsu. Sebaliknya jika madu tersebut asli maka tidak akan menyebabkan air tadi menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena madu asli tidak mengandung banyak air. Pada dasarnya, sifat semut suka permen, termasuk rasa manis pada madu, namun sifat madu lebih kental (kandungan air sedikit) lebih sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu dikarenakan adanya molekul di dalam madu yang tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, jika tingkat air tinggi (di atas 20%), maka semut mudah menghampiri.

Demikian tips yang dapat kami berikan tentang bagaimana cara memilih madu yang asli dan murni, semoga tidak salah dalam memilih madu asli dan murni, semoga bermanfaat.

Artikel lain Tips Memilih Mardu Murni dan Asli