0895 1770 6303
0895 1770 6303
0895 1770 6303

Kehamilan yang Terprogram dengan Baik Dapat Miliki Anak Cerdas

Monday, October 27th 2014. | Artikel Kesehatan

Penyubur Kandungan . Memiliki anak yang cerdas, dengan perilaku yang baik tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Anak yang cerdas dan baik tentunya juga tak lepas dari peran orang tua, mulai dari saat malam pertama berhubungan, proses kehamilan hingga menjadi dewasa.

anak cerdas sejak dalam kandungan, penyubur kandungan, madu penyubur kandungan

 

Selama proses kehamilan saat berada di dalam kandungan, bayi mengalami proses tumbuh kembang selama 9 bulan. Tak hanya fisik, perkembangan yang paling dominan berubah saat di dalam kandungan adalah otak bayi.

Bagian utama dari otak bayi yang tumbuh dan berkembang pada masa awal kehamilan adalah serabut saraf otak yang sudah tumbuh sejak awal terjadinya pembuahan. Semakin banyak dan bagus kualitas serabut saraf otaknya, otak bayi pun akan tumbuh sangat baik. Si kecil pun akan lebih cerdas nantinya.

“Tabung saraf otak bayi sudah terbentuk sejak awal terjadinya pembuahan saat sperma bertemu indung telur. Makanya saat kita sudah mau punya anak, harus terprogram dengan baik. Karena ada orang yang baru tahu kalau dirinya hamil saat usia kehamilannya menginjak tiga bulan. Nah, padahal tabung saraf otaknya sudah lama terbentuk,” jelas dr Boy Abidin, SpOG (K).

Hal tersebut disampaikan dr Boy di sela-sela ‘Prenagen Pregnancy Educational Journey’ di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (25/10/2014). Menurut dr Boy, kebutuhan nutrisi ibu hamil harus terpenuhi, terutama kebutuhan akan asam folat. Asam folat ini biasanya terkandung di dalam makanan berprotein seperti daging.

Seperti diketahui, kekurangan asam folat akan berdampak negatif bagi pertumbuhan tabung otak janin. Selain asam folat, nutrisi lainnya seperti zat besi, kalsium, dan vitamin juga penting bagi ibu hamil. Sejak embrio di dalam rahim sudah terbentuk, menurut dr Boy saat itulah bayi mulai memasuki masa periode emasnya.

“Periode emas pertumbuhan otak adalah tahap paling cepat dan paling kritis dalam perkembangan otak. Periode ini terjadi pada saat bayi masih dalam kandungan hingga dia berusia 2-3 tahun atau 1000 hari,” tutur dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading ini.

Maka dari itu, dr Boy menekankan agar orang tua memberikan perhatian khusus dan serius bagi bayinya pada periode tersebut. Sebab, masa itulah yang sangat memengaruhi dan menentukan tumbuh kembang anak.

“Saya sangat sarankan bagi ibu, tolong deh pada periode emas itu saat anak lahir hingga usia 3 tahun ibunya harus mengasuh, mengawasi, dan mendidik karena itu periode yang sangat penting dan terjadi hanya sekali seumur hidup,” pesan dr Boy.

Sumber : detik.com

Artikel lain Kehamilan yang Terprogram dengan Baik Dapat Miliki Anak Cerdas