0895 1770 6303
0895 1770 6303
0895 1770 6303

Efek Positif Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Tuesday, June 11th 2019. | Info Seputar Kehamilan

muslimah-hamilMorning sickness merupakan salah satu gejala normal yang menjadi tanda adanya kehamilan. Bagi ibu hamil, gejala tersebut memang sangat mengganggu. Rasa mual di pagi hari membuat tubuh terasa lemas. Namun ternyata di balik perasaan tidak nyaman ini, ada banyak sisi positif dari kehamilan dengan morning sickness.

Kadar mual masing-masing ibu hamil berbeda. Bahkan beberapa kasus ada yang tidak mengalami morning sickness sama sekali. Bagi yang kerap mengalami gejala morning sickness, anda tidak perlu risau karena banyak sisi positifnya.

Baik itu pada diri anda maupun pada janin yang anda kandung. Morning sickness yang tidak berkelanjutan di trimester kedua merupakan gejala yang normal. Jadi anda tidak perlu khawatir atau merasa tidak nyaman dengan kondisi demikian.

Ketika mengalami mual karena kehamilan, sebenarnya tubuh sedang melakukan reaksi alami terhadap perubahan hormon, kadar insulin, hingga metabolisme. Maka dari itu, kenali lebih lanjut apa saja efek positif dari morning sickness bagi ibu hamil berikut ini.

Berbagai Efek Positif Morning Sickness

  1. Tanda kehamilan sehat

Banyak studi yang mengatakan bahwa morning sickness yang diawali ibu hamil menyebabkan resiko gangguan kehamilan lebih kecil. Namun dengan catatan jika kadarnya tidak berlebihan.

Hal ini disebabkan karena pertumbuhan janin mengalami perkembangan yang optimal sehingga memberikan efek mual pada ibu hamil. Biasanya morning sickness yang wajar terjadi di trimester awal dan pada trimester selanjutnya efek tersebut akan berkurang.

  1. Meminimalisir resiko cacat lahir

Hampir 80% ibu hamil yang mengalami morning sickness melahirkan bayi sehat dan tanpa segala jenis cacat. Resiko bayi cacat lahir lebih diminimalisir karena proses perubahan hormon dan asupan nutrisi yang dialirkan ke janin lebih lancar.

Pasca morning sickness ibu hamil akan lebih enak untuk makan dan berkeinginan makan berbagai makanan bernutrisi. Hal ini membuat resiko cacat lahir bisa anda minimalisir.

  1. Resiko lahir prematur lebih kecil

Resiko kelahiran prematur lebih kecil sebab ketika morning sickness terjadi, kadar insulin pada ibu hamil akan meningkat.

Hal ini bermanfaat untuk menjaga asupan makanan yang masuk dan kadar gula yang ada dalam tubuh lebih terjaga porsinya. Lemak yang termetabolisir dalam tubuh akan membuat nutrisi yang diasup oleh janin lebih optimal. Nutrisi yang optimal inilah yang akan mengurangi potensi kelahiran bayi prematur.

  1. Janin lahir dengan kecerdasan tinggi

Karena nutrisi yang diasup oleh janin lebih optimal, tentu saja perkembangan sel saraf terutama otak janin menjadi lebih baik. Maka tak heran jika kemungkinan janin lahir dengan kecerdasan tinggi bisa anda dapatkan.

Meskipun demikian, pasca trimester pertama anda wajib menjaga asupan makanan anda sehingga proses perkembangan otak janin selama di kandungan makin optimal.

Nah itu dia beberapa efek positif dari morning sickness pada ibu hamil. Jika gejala tersebut terjadi sewajarnya dan tidak berlanjut di trimester kedua maka morning sickness yang anda alami masih dalam kondisi normal. Semoga bermanfaat.

Artikel lain Efek Positif Morning Sickness Pada Ibu Hamil