0895 1770 6303
0895 1770 6303
0895 1770 6303

Bahaya Virus Herpes Pada Ibu Hamil dan Janin

Sunday, March 3rd 2019. | Info Seputar Kehamilan

gejala-penyakit-herpesVirus herpes merupakan salah satu sebab dari penyakit kulit menular. Ibu hamil pun tak terlepas dari ancaman penyakit satu ini. Herpes sendiri dibedakan menjadi dua macam. Yakni herpes yang muncul di area bibir serta mulut dan herpes simplek yang muncul di area genital.

Penyakit satu ini disebabkan oleh virus. Penyakit tersebut memang sangat mudah menyerang dan menular. Bahayanya selain pada ibu hamil juga bisa mengarah ke janin dalam kandungan.

Maka dari itu penyakit satu ini sangat mengganggu kehamilan. Pencegahan penyakit herpes bisa melalui jalan imunisasi, menjaga asupan nutrisi agar tetap sehat, hingga menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Banyak sekali bahaya yang diterima ibu hamil jika mengalami infeksi virus herpes ini.

Agar anda lebih waspada terhadap penyakit satu ini, anda mesti tahu apa saja bahayanya bagi kehamilan. Berikut ini akan diulas lebih lanjut mengenai apa saja bahaya penyakit herpes yang bisa menjangkiti ibu hamil dan janin.

Bahaya Virus Herpes Bagi Kehamilan

  1. Menginfeksi jalan lahir

Virus herpes yang menjangkiti ibu hamil akan membuat infeksi jalan lahir menjadi lebih besar kemungkinannya. Jika herpes yang dialami menjangkiti organ genital wanita maka jalan lahir akan terinfeksi dan menyebabkan bayi menjadi sulit dilahirkan secara normal.

Jika dilahirkan secara normal, janin akan mengalami infeksi dari virus herpes tersebut. penanganan dari dokter secara intens sangat diperlukan untuk kasus satu ini.

  1. Janin menderita penyakit yang sama

Penyakit yang disebabkan oleh virus herpes ini juga bisa langsung menginfeksi janin. Jika ibu hamil pertama kali menderita herpes maka potensi penularannya ke janin sebanyak 50%.

Maka dari itu penyakit satu ini sangat membahayakan kesehatan kehamilan anda. Janin akan lebih besar terkena penyakit herpes jika ibu hamil menderita penyakit satu ini. Pengobatan secara intens sangat diperlukan untuk meminimalisir penularannya.

  1. Resiko cacat lahir lebih besar

Resiko cacat lahir juga lebih besar. Pasalnya virus herpes yang masuk ke dalam plasenta akan menginfeksi janin. Selain itu perkembangan organ-organ janin juga akan mengalami hambatan.

Tak heran jika resiko cacat lahir pun lebih besar. Jika ibu hamil mengalami herpes, penanganan secara cepat dan serius sangat diperlukan agar keduanya tidak mengalami berbagai masalah kesehatan.

  1. Operasi caesar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, virus herpes bisa menginfeksi jalan lahir jika ibu hamil menderita herpes simplex. Maka dari itu potensi untuk melahirkan normal pun menjadi sangat kecil.

Demi menjaga agar janin tidak terinfeksi virus yang sama, melahirkan secara caesar pun mesti dilakukan. Tentu saja proses bedah caesar memerlukan biaya lebih besar serta efek pasca caesar lebih terasa sakitnya dibandingkan persalinan normal.

  1. Radang otak janin

Virus herpes yang menginfeksi janin juga bisa masuk ke serabut saraf otak. Potensi penyakit radang otak janin pun tidak bisa dihindarkan.

Meskipun jenis penyakit ini menyerang bagian kulit, namun bisa jadi bagian otak pun bisa terserang. Tentu saja penyakit radang otak ini sangat berbahaya terutama pada tumbuh kembang janin untuk kedepannya.

Sekian untuk berbagai penjelasan mengenai bahaya virus herpes bagi kehamilan. Tetap jaga diri dan lingkungan agar potensi penularan virus satu ini lebih diminimalisir. Semoga bermanfaat.

Artikel lain Bahaya Virus Herpes Pada Ibu Hamil dan Janin