0895 1770 6303
0895 1770 6303
0895 1770 6303

5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Teh Hijau dan Bahayanya

Tuesday, August 4th 2020. | Artikel Kesehatan

5-Fakta-Menarik-Tentang-Manfaat-Teh-Hijau-dan-Bahayanya

Teh hijau (green tea) adalah salah satu alternatif minuman teh yang cukup populer di masyarakat, selain teh hitam dan teh oolong. Banyak yang meyakini bahwa manfaat teh hijau untuk kesehatan sangat banyak, seperti menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, membantu metabolisme tubuh, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Namun, benarkah demikian? Berikut ini adalah beberapa fakta tentang manfaat teh hijau dan bahayanya yang perlu anda pertimbangkan.

Fakta 1: Manfaat Catechins dan Caffeine dalam Teh Hijau Masih Diteliti

Teh mengandung flavonoid, yang diperkirakan bermanfaat untuk kesehatan. Orang dewasa rata-rata mengonsumsi 189.7 miligram flavonoid setiap harinya; dan sumber utamanya adalah teh. Jenis flavonoid yang paling banyak terkandung di dalam teh adalah catechins.

Karena tidak melalui proses pengolahan yang lama seperti black tea, green tea mengandung lebih banyak catechin dibanding teh hitam. Teh hijau juga mengandung 2% hingga 4% caffein, atau setara dengan 10-80 miligram tiap cangkirnya. Penelitian yang dilakukan saat ini lebih difokuskan kepada manfaat chatechins dan caffeine untuk kesehatan, dan kita masih harus menunggu hasilnya.

Fakta 2: Manfaat Teh Hijau Menurut Penelitian

Kabar baiknya, banyak penelitian telah membuktikan manfaat teh hijau untuk kesehatan. Di antaranya adalah: Meningkatkan kesiagaan mental. Manfaat ini berasal dari kandungan caffeine di dalam teh hijau. Jika dikonsumsi pagi hari, teh hijau dapat meningkatkan kesiagaan mental dan kemampuan kognitif anda.

Mengobati kutil di area genital. Di Amerika Serikat, FDA telah merekomendasikan sejenis obat oles dari ekstrak teh hijau untuk menyembuhkan kutil di area genital

Fakta 3: Manfaat Teh Hijau Yang Belum Didukung Oleh Penelitian

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menghasilkan bukti yang cukup tentang manfaat teh hijau untuk mengobati dan mencegah penyakit, seperti diabetes mellitus type 2.

Demikian juga tentang manfaat teh hijau untuk mencegah kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan gingivitis. Umumnya, manfaat ini belum diteliti secara epidemiologis dengan metode yang memadai.

Selain itu, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat teh hijau untuk hal-hal berikut :

  • Menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan kolesterol total
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  • Menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit Parkinsons
  • Mencegah kanker, seperti kanker kantung kemih, kanker esofagus, kanker ovarium, dan kanker pankreas. Penelitian tentang manfaat ini umumnya baru dilakukan pada hewan.

Fakta 4: Belum Ada Bukti tentang Manfaat teh Hijau untuk Diet

Sejumlah ilmuwan memang berspekulasi tentang manfaat teh hijau untuk meningkatkan proses pembakaran lemak. Namun, belum ada bukti yang jelas tentang hubungannya dengan berat badan.

Pada dasarnya, green tea bukanlah ‘pil ajaib’ yang bisa menurunkan berat badan seketika. Jadi, diperlukan penelitian lebih mendalam untuk memperkuat pernyataan ini.

Fakta 5: Teh Hijau Bisa Berbahaya untuk Anda!

Para ahli menyarankan agar konsumsi teh dibatasi tidak lebih dari 5 cangkir (40 ons) ber hari, atau setara dengan maksimum 400 miligram kafein setiap harinya.

Meski teh hijau relatif aman, bahaya teh hijau yang harus diantisipasi antara lain sakit kepala, sulit tidur, muntah, diare, denyut jantung tidak beraturan, pusing, dan sebagainya. Percaya atau tidak, konsumsi teh hijau dalam dosis tinggi bisa mematikan!

Selain itu, konsumsi teh hijau sebaiknya dihindari oleh :

  • Wanita hamil dan menyusui, karena caffeine bisa masuk ke air susu ibu
  • Orang yang sedang menggunakan obat-obatan tertentu, karena kandungan teh hijau bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.
  • Penderita anemia dan kekurangan asam folat, karena teh hijau dapat menghambat penyerapan zat besi dan asam folat.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa fakta mengenai manfaat teh hijau dan bahayanya. Sebagai kesimpulan, manfaat teh hijau pada umumnya masih didukung bukti yang sangat terbatas. Sebaiknya, konsumsi teh hijau dalam jumlah sedang untuk mencegah bahaya yang tidak diinginkan.

Artikel lain 5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Teh Hijau dan Bahayanya